3 Hal Yang Harus Anda Periksa Sebelum Menginstal Ulang Windows
  • Tampilan instalasi windows 7 (sumber: internet)

3 Hal Yang Harus Anda Periksa Sebelum Menginstal Ulang Windows

  • 28 Juli 2012
  • Rhoely Maguire
  • Teknologi Informasi

Windows adalah sistem yang sangat rumit, sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi komplikasi yang dapat membahayakan sistem yang sedang berjalan, hal ini yang memaksa Anda untuk menginstal ulang sistem operasi komputer Anda. 
Sebagian besar dari kita, telah mengalami masalah yang dikenal dengan istilah blue screen of death (BSOD)  atau layar biru pada saat Anda mencoba untuk boot komputer. Bahkan hal semacam ini dapat terjadi di safe mode.
Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum menginstal ulang windows komputer Anda:
1. Pastikan Anda Untuk Memeriksa Semuanya. 
Pastikan Anda tidak menginstal ulang Windows karena Anda berpikir mudah untuk memperbaikinya. Jika komputer Anda mengalami blue screen, tetapi Anda tidak tahu apa yang terjadi, dengan menginstal ulang sistem operasi Anda tidak mungkin dapat memecahkan masalahnya.
Pertama, periksa apakah RAM Anda memiliki masalah. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan memtest, sebuah aplikasi freeware yang memungkinkan Anda untuk menguji RAM Anda. Jika Anda mendapatkan error, coba ganti RAM dan lihat apakah Anda memiliki masalah sekarang. Dalam kasus seperti itu, menginstal ulang sistem operasi akan menjadi percuma dan membuang waktu.
2. Gunakan Layanan Backup Online / Cloud
Jika Anda tidak memiliki harddisk eksternal, tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan layanan backup Cloud. Layanan ini menyediakan space dengan jumlah yang sangat besar untuk menyimpan data. Dengan catatan Anda memiliki koneksi internet maka proses penyimpanan data dapat Anda lakukan. 
Salah satu penyedia layanan backup online ini adalah dropbox.com. Dropbox menyediakan beberapa paket penggunaan kapasitas berdasarkan kontribusi yang Anda berikan. PAda awal pendaftaran kita diberikan space 1 GB gratis.
3. Cobalah untuk Perbaiki Masalah
Jika Anda tidak mendapatkan BSOD, tetapi Anda mendapatkan tanda kesalahan dan / atau perilaku aneh, komputer Anda mungkin terinfeksi virus. Jalankan scan virus di komputer Anda. Jika Anda masih belum mendapatkan masalah yang terjadi di komputer Anda, coba gunakan System Restore. Untuk referensi berikutnya aktifkanlah system restore di komputer Anda. Membuat restore point pada komputer Anda setiap kali Anda menginstal sebuah program atau menjalankan sesuatu yang baru. 

     

Komentar Anda

comments powered by Disqus

 

Berita Terkait